Tips Menjawab Wawancara Kerja Tahapan Menceritakan Diri Pribadi Sendiri

Tips Menjawab Wawancara Kerja Tahapan Menceritakan Diri Pribadi Sendiri. Dalam proses Wawancara Kerja / Interview Kerja terdapat beberapa Pertanyaan yang sering atau biasanya ditanyakan oleh bagian HRD Rekrutmen ataupun oleh User. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seorang Pewawancara atau HRD pada saat interview kerja hrd yaitu Pertanyaan untuk seorang calon pegawai menceritan pribadi diri masing-masing, dengan tujuan pihak HRD dapat mengenali diri calon seorang pegawai lebihbanyak lagi dengan waktu yang cepat pada saat Wawancara Kerja.

Tips Menjawab Wawancara Kerja

Salah satu Tips yang Boxcareer sarankan yaitu usahakan seorang peserta wawancara kerja jangan memberikan jawaban yang bertele-tele ataupun sangat panjang ataupun sangat pendek dan singkat, coba anda jelaskan point-point penting diantaranya anda ceritakan sekilas pendidikan, keluarga. Yang perlu digaris bawahi anda disini hanya menjelaskan point pentingnya saja tidak harus mendetail.
Menceritakan Pribadi Sendiri
Jawaban:
Boxcareer menyarankan dan memberikan tips interview kerja yang baik serta cara menjawab dengan mulai dari hal-hal yang dirasa paling mudah yaitu anda mulai ceritakan tentang diri anda sendiri atau pribadi anda diantaranya Tempat dan Tanggal Lahir anda, Anak dari Berapa Bersaudara (catatan: ada beberapa user atau HRD menanyakan pertanyaan ini untuk kebutuhan pribadinya kelak digunakan untuk pengambilan keputusan), lulusan pendidikan mana anda, jurusan kuliah yang diambil apa, anda pun dapat menambahkan kegiatan dan aktivitas saat ini yang sedang anda lakukan dan kerjakan, misalnya saat ini anda sedang bekerja disalah satu divisi disalh satu perusahaan, divisi apa anda diposisikan, jenis pekerjaan yang anda kerjakan bagi anda yang dirasa fresh Graduate.

Setelah anda ceritakan sisi dari diri pribadi anda, anda juga bias menambahkan informasi dari diri anda mulai dari kegiatan dan aktivitas anda yang berhubungan dengan kesenangan (hobby), Harapan (Passion), anda juga bias jika mempunyai pengalaman di bidang social seperti halnya sebagai relawan kegiatan social ataupun anda menjadi bagian dari salah satu komunitas kegiatan social baik dalam olah raga, kesenian, hobi dan lain sebagainya.

Yang perlu anda ketahui yaitu sebisa mungkin anda jangan menjelaskan terlalu panjang apalagi bertele-tele ataupun narsis, karena tujuan dari pertanyaan ini disampaikan oleh again HRD saat wawancara kerja hanya sebatas Ice Breaking. Diharapkan dengan pertanyaan ini dan anda menceritakanya proses wawancara kerja menjadi nyantai dan nyaman anda pun sebagai peserta wawancara kerja menjadi nyaman dan tidak kaku saat menjawab semua pertanyaan wawancara kerjanya.

Tambahkan Informasi Pengalaman Kerja dan Skill/Kemampuan.

Sebagai penilaian tambahan pihak perusahaan ataupun pewawancara kerja terhadap diri anda pada tahapan interview kerja user yaitu anda tidak ada salahnya menyisipkan bidang professional anda seperti halnya skill/kemampuan anda sendiri. Seperti halnya anda menceritakan suatu pekerjaan yang menjadi passion ataupun yang disenangi anda, 

misalnya:
Anda sangat menikmati pekerjaan sebagai Sekertaris karena menyenangi kegiatan pembukuan dan anda sangat rapid an mendetail jika saat mengerjakan bidang ini, selain dari bagian dari dasar pendidikan anda sebagai sekertaris. Anda juga pernah bekerja dibeberapa perusahaan, sehingga sangat memahami dan menguasi bidang kesekertarisan. Nah anda pun bias mengganti bidang yang sesuai dengan anda kuasai dan senangi.

Jawaban Yang Penting Untuk Tidak Disampaikan

Boxcareer menyarankan anda jangan sekali – sekali menyampaikan pandangan ataupun opini bidang SARA ataupun bidang Politik, walaupun ada sebagian user yang memang tertarik dengan ras, suku maupun agama, sebaiknya anda hindari hal tersebut diatas bahwasanya anda pun belum tentu memahami apa sebetlunya kepribadian dan yang diinginkan pewawancara tersebut.

Semoga Artikel ini banyak membantu anda menuju jalan kesuksesan, jangan lupa sampaikan kepada orang lain semoga merekapun mendapat manfaat dari artikel saya ini.

Salam Sukses,




Moch. Irwan Hermanto

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini