Home » , , , , » Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Yang Dijamin Lolos

Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Yang Dijamin Lolos

Dalam proses rekruitment pegawai ataupun karyawan baru biasanya pihak perusahaan mengadakan serangkaian tes yang berfungsi untuk mengetahui karakter maupun skill para calon pegawai atau karyawan barunya, salah satunya yaitu tes interview kerja yang dilakukan oleh bagian HRD (Human Resources Department / Kepala Bagian Personalia.

Banyak pertanyaan yang diberikan oleh seorang HR untuk mengetahui karakter dan skill kandidat pegawainya salah satunya pertanyaan "Ceritakan Tentang Diri Anda Sedetail Mungkin". Jika anda dihadapkan dengan pertanyaan ini maka sebaiknya anda menghindari memberikan jawabn yang bertele-tele ataupun panjang maupun yang singkat. yang perlu anda ingat pada tahapan ini anda hanya menjelaskan sekilas point-point penting saja, tidak harus menjelaskan secara mendetail.
Tips Menjawab Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya

Untuk Memberikan jawaban pertanyaan tersebut :

Hal yang paling mudah untuk anda lakukan adalah memulainya dengan menceritakan kegiatan yang berhubungan dengan hobi, passion, akan lebih baik lagi jika anda memiliki dan pernah mengikuti kegiatan sosial seperti halnya anda pernah menjadi sebagai relawan dan tergabung dalam beberapa komunitas baik itu catur, bersepeda ataupun apa saja. Sehingga dengan jawaban seperti itu akan memberikan kesan kepada anda yang positif dapat bersosialisasi serta memiliki intelenjsi yang baik, yang pasti jawaban seperti ini yang disukai oleh pengguna maupun usernya.

Pesan saya yang harus diingat dan dicatat yaitu usahakan jangan menjawab terlalu panjang dan bertele - tele pada saat menjelaskan yang sebetulnya tujuan dari proses wawancara ini yaitu Ice Breaking".

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja

1. Jelaskan Pengalaman serta Kemampuan Anda!

Apabila semua tahapan dalam menjelaskan serta menceritakan kehidupan pribadi anda langkah selanjutnya yaitu menjelaskan tentang kehidupan maupun profesionalisme anda dibidang apa.

Seperti halnya apa yang menjadi bidang kerja yang diminati anda yang sesungguhnya, contoh: Jika anda saat ini berprofesi sebagai IT, selain dari bekal pendidikan yang sesuai dibidang IT anda juga pernah bekerja di beberapa perusahaan IT, sehingga keilmuan dibidang IT anda memang sudah familiar atau memahaminya terutama untuk maintenance dan troubleshooting bidang IT.

Jawaban yang Sebaiknya Anda Hindari
Dalam proses Menjawab Pertanyaan Interview Kerja ini diharuskan anda untuk menghindari SARA maupun Politik, yang sebetulnya masih ada beberapa user yang memilih passion para calon pegawainya dalam berbagai bidang baik itu suku,ras dan agaman, kenapa harus dihindari yaitu anda juga harus mengenal terlebih dahulu kepribadian serta asal usul calon pegawainya.

2. Apa Yang Menjadi Kelebihan yang Anda Miliki?

Sekilas ini adalah pertanyaan yang mudah, tapi anda harus tetap berhati-hati pada pertanyaan seperti ini. Jawaban yang anda berikan haruslah memukau pewawancara, yang akan menjadi pertimbangan besar, untuk mengetahui apakah kelebihan dan kualifikasi yang anda miliki dibutuhkan calon atasan atau perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut, tipsnya anda sudah harus membuat catatan kecil untuk menuliskan semua kualifikasi yang anda miliki,.

sesuaikan segala ability yang anda tuliskan dengan lowongan kerja perusahaan pada saat anda wawancara kerja. Contoh daftar list tersebut termasuk foundation pendidikan anda, program peminatan jurusan anda, preparing, sertifikasi, program pengembangan, pengalaman kerja sebelumnya jika sesuai dengan posisi yang anda lamar saat ini.

Kalian harus menandai sekitar tiga expertise terbaik anda, yang sesuai dengan posisi yang anda lamar, sehingga anda dapat menekankan jawaban pada tiga poin terbaik anda.

Contoh jawaban:

Saya pernah mengikuti preparing dan sertifikasi dasar terkait bidang review, program preparing berjalan sekitar 2 bulan, dan lisensi langsung dari IAI(Ikatan akunting Indonesia).

Saya punya enthusiasm besar dalam bidang review. Disamping itu saya paham betul akan fungsi-fungsi review, bukan hanya untuk mencari kesalahaan pada departemen-departemen yang melakukan kesalahan prosedur, tetapi juga harus bisa melakukan tindakan preventif(pencegahan) agar hal-hal yang menyimpang tidak terjadi.

Selain itu memberi supervisi secara persuasif agar objective perusahaan dapat tercapai. karena saya mempunyai kemampuan persuasif dalam menjalin hubungan pada divisi lain, sehingga saya yakin kemampuan ini akan sangat berguna untuk mencapai target perusahaan.

Saya telah bekerja sebagai businessperson 2 tahun dan 3 tahun sebagai director range manajer, saya telah melewati program pengembangan, sehingga saya paham betul dengan yang terjadi di bawah.

Saya bisa menggunakan pengalaman saya untuk mengontrol distribusi dan pencapaian omzet dari zone yang dimana saya bertanggung jawab.

Saya memang new graduate, tetapi saya memiliki pengalaman menulis non formal, dalam majalah online di suatu web, selain itu saya juga penulis pada majalah kampus untuk organisasi.. saya memiliki gairah besar dalam menulis, ditunjang juga karena saya jurusan sastra, saya paham betul literatur yang baik dalam menulis, saya yakin pengalaman saya akan sangat berguna bagi Ibu/Bapak dalam perusahaan ini.

Jawaban yang harus hindari:

Anda harus paham, bahwa pertanyaan yang diajukan adalah kelebihan yang withering anda miliki, jadi bukan waktunya untukm anda merendahkan diri.

Pada pertanyaan ini User mau mendapatkan informasi tentang kemampuan dan pemahaman anda terhadap dunia kerja, jadi anda harus unjuk kemampuan sebaik-baiknya.

Hindarilah kata-kata yang sangat umum, misalnya anda mengatakan anda adalah seorang pekerja keras, dan hanya itu saja, tanpa ada contoh penunjang yang lebih genuine untuk menggambarkan bahwa anda adalah seorang pekerja keras, dan juga tidak ada contoh nyata tentang pencapaian yang telah anda dapatkan sebagai seorang pekerja keras.

Contoh diatas bisa diganti sesuai dengan kualifikasi sesuai denga lowongan kerja yang anda hadiri. Satu hal yang anda harus pahami, pasti ada kemampuan yang bisa diolah lagi untuk anda gunakan sebagai senjata pamungkas saat pertanyaan ini diajukan dalam wawancara kerja.

Anda Cuma harus meluangkan waktu untuk berpikir dan mencatatnya di catatan kecil, pahami maksudnya dengan baik, dan eksekusi dengan tepat saat wawancara kerja.

3. Apa yang Menjadi Kelemehan Pada Diri Anda?
Setelah pertanyaan terkait kelebihan yang anda miliki saat wawancara kerja, tentunya akan menyusul pertanyaan kelemahan apa yang anda miliki, pertanyaan yang biasanya sulit bagi setiap orang, banyak dan sering sekali orang menanyakan yang menanyakan apa jawaban dari pertanyaan ini saat wawancara kerja. Tips untuk kalian adalah, sekalipun pertanyaan yang diajukan adalah seputar kelemahan, bukan berarti anda harus memberi jawaban yang negatif  tentang kelemahan anda. Ingat pertanyaan tentang kelemahan, bukan tentang hal negatif pada diri anda. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan kelemahan utama yang anda miliki saat wawancara kerja adalah dengan mempersiapkan daftar catatan kecil yang berisi rangkuman tentang bagian yang sedang anda lamar.

Hindari kelemahan yang bersifat teknis
misalkan anda diundang interview untuk posisi brand marketing staff, selanjutnya  anda harus menguraikan kelebihan yang sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut, misalnya seorang brand marketing sangat membutuhkan kemampuan kerja sama tim yang sangat kuat, sehingga faktor komunikasi antar sesama tim sangat dibutuhkan , selain itu juga dibutuhkan kemampuan kreatif dan senang melakukan event-event misalnya mempersiapkan kampanye produk pada sebuah event pameran, yang artinya anda harus berada di dalam keramaian, aktif memberikan ide-ide kreatif untuk mencapai target program perusahaan. Jika anda sudah memahami, maka kelemahan anda sebisa mungkin bukanlah kelebihan utama yang dibutuhkan untuk posisi yang anda lamar, jika saat wawancara kerja untuk posisi brand marketing, anda mengungkapkan bahwa kelemahan anda adalah bekerja dalam tim, dan tidak terlalu nyaman untuk berada di luar kantor. Maka bisa dipastikan peluang anda akan semakin kecil, dan sangat mungkin anda akan gagal pada saat wawancara kerja.

Keberhasilan anda dalam menangani kelemahan anda
Anda bisa menceritakan,bahwa anda mampu menangani kelemahan anda sendiri. contohnya misalnya anda bisa bercerita pada tempat kerja sebelumya, anda bekerja di bagian kontrol biaya, dan sangat berhubungan denga departemen yang lain, sebenarnya anda tipe orang yang sedikit pemalu jika berhubungan dengan pihak lain. Dengan posisi sebagai staf kontrol biaya tentunya anda harus sering berhubungan dengan pihak lain, agar efisisensi dan efektifitas perusahaan dapat tercapai. seiring berjalannya waktu anda terus berusaha memaksakan diri untuk bisa memberi komunikasi yang baik pada divisi terkait, sekalipun terkadang anda harus sedikit tegas, dan anda berhasil mengubah kelemahan tadi.

Contoh Jawaban:
Saya memiliki kelemahan untuk menolak permintaan orang lain, terkadang saya merasa itu sangat membebankan saya, misalnya saat sesorang meminta bantuan saya, sedangkan saya dalam keadaan yang tidak bisa, tetapi saya suka tidak enak hati untuk menolak, tapi saya rasa saya telah belajar agar kelemahan ini tidak menghambat kinerja saya.

Saya terbiasa memastikan sesuatunya dengan detil, terkadang proses itu memakan waktu sedikit lebih lama dari seharusnya, walaupun saya tahu saya harus belajar agar bisa lebih menyelesaikan pekerjaan di awal dan lebih cepat lagi, sehingga saya bisa punya banyak waktu untuk mengecek dan memastikan bahwa segala sesuatunya telah sesuai dengan benar.

Pada saat kuliah saya memiliki masalah terhadap nilai yang kurang baik dalam mata kuliah perpajakan selama dua semester, oleh karena itu saat lulus saya mencoba mengambil program brevet, dan sekarang saya sangat paham dengan dunia perpajakan, bahkan menyukainya.

Pada dasarnya saya bukan orang yang multi tasking, saya lebih suka menyelesaikan satu kerjaan dengan baik, baru kemudian melakukan kerjaan yang lain. Tetapi setelah bekerja pada tempat saya sebelumnya saya sering melakukan 3-5 proyek yang jalan secara bersamaan, dengan target yang berbeda-beda, dan saya mampu melaksanakannya dengan baik.

Anda harus ingat sekali lagi, saat pertanyaan mengenai kelemahan apa yang anda miliki saat wawancara kerja, anda harus tetap memberi jawaban yang positif, atau setidaknya anda mempunyai keinginan untuk merubah kelamahan yang anda miliki.

4. Berapa Jumlah Besaran Gaji yang Anda Harapkan?
Hal ini biasanya selalu ada dalam list pertanyaan saat wawancara kerja, apalagi bagi anda yang telah berpengalaman dalam bidang tertentu.

Tak jarang, bagi "Headhunter" malah mengajukan pertanyaan seputar gaji terlebih dahulu, baru melanjutkan ke tahap selanjutnya, tapi perlu dipahami, ini hanya berlaku pada degree middle - up, atau bagi yang telah berpengalaman pada bidang tertentu.

Sebelum menjelaskan mengenai guidelines menjawab pertanyaan ini, anda harus tahu ada dua hal dalam dua keadaan yang berbeda dalam interview mengenai gaji.

Pertama, adalah pertanyaan tentang gaji saar pertama kali atau saat proses mula-mula, kemudian hal yang berbeda selanjutnya adalah pertanyaan tentang gaji saat di akhir atau dikenal dengan profits offering.
Sebaiknya anda memahami perbedaan diatas.

guidelines umum menjawab tentang gaji saat pertanyaan wawancara kerja:
Dapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai standar gaji pada posisi anda, jangan langsung menetapkan, tetapi jadikan referensi terlebih dahulu, karena jenis perusahaan dan besarnya perusahaan akan menentukan besarnya gaji anda.

Sesuaikan dengan keadaaan, Jika anda melamar atau mendapat panggilan dari beberapa internet site pencari kerja, biasanya perusahaan tersebut telah melampirkan range salary, atau beberapa perusahaan telah menetapkan pasti, jadi please sesuaikan angka anda, atau anda bisa mencari lowongan lain yang sesuai dengan harapan anda.

Lakukan dengan percaya diri, Jika anda merasa anda telah berpengalaman, dan berada lebih tinggi dalam posisi tawar-menawar, dan anda berencana menetapkan angka yang tinggi (dengan catatan anda merasa pantas mendapatkan itu)

maka ajukan dengan percata diri, jangan terlihat ragu, anda bisa menambahkan beberapa alasan saat anda telah mengajukan angka yang anda harapkan, untuk meyakinkan pihak perusahaan "of completion"

recommendations Menjawab pertanyaan tentang gaji, jika anda fresh graduate atau berada di awal proses seleksi kerja:
Seperti yang telah saya jelaskan di awal, bahwa ada dua jenis pertanyaan tentang gaji, dalam keadaan yang berbeda.

Sekarang kita akan membahas jika pertanyaan tersebut diajukan dalam keadaan anda adalah seorang sparkling graduate yang mencari kerja untuk pertama kali atau anda mendapatkan pertanyaan ini saat awal proses seleksi kerja.

1. Jika saat di awal pihak perusahaan telah mengajukan pertanyaan tersebut, maka satu-satunya tindakan terbaik yang harus anda lakukan adalah, memastikan bahwa gaji bukanlah hal yang terutama bagi anda, tetapi anda benar-benar menyukai bidang pekerjaan yang sedang dibuka.

2. Setelah jawaban pada nomer satu, saya akan memeberi recommendations menjawab, yang terus terang saja, ini biasanya sangat berhasil, terutama jika saya ingat ketika fresh graduate dahulu.. LOL. beri jawaban bahwa anda akan mengikuti standar yang telah di tetapkan oleh perusahaan sesuai dengan tingakt pendidikan dan posisi yang anda lamar.

Itu tadi beberapa hints menjawab pertanyaan seputar gaji, ada banyak jenis jawaban yang dijelaskan mungkin di tempat atau weblog lain, tetapi yakinlah yang saya bagi di atas adalah inti dari jawaban yang anda butuhkan.

Anda hanya tinggal mengembangkannya saja, anda tidak perlu menghabiskan waktu membanca panjang-panjang jika anda bisa mendapatkan intinya secara cepat

5. Bagaimana Sikap dan Langkah Anda Jika Menemui Kegagalan?
Terlebih jika posisi anda yang anda lamar anda seputar sales, advertising dan ataupun konsultan. Bekerja sebagai ujung tombak perusahaan, pencetak omzet bagi perusahaan, bertanggung jawab menjaga market proportion produk anda, baik nasional maupun lokal. Terntunya kegagalan pasti pernah anda hadapi, ntah karena kesalahan anda atau kesalahan situasi. Jadi bukanlah hal yang aneh jika person mempertanyakan atau menganggap bahwa menanyakan bagaimana cara anda menangani kegagalan saat wawancara kerja adalah hal yang penting.

Pada poin pertanyaan ini, pewawancara/user ingin mengetahui bagaimana karakter anda saat mengalami kegagalan, bagaimana anda mampu bangkit dari kegagalan, tidak merasa putus asa, dan apakah anda adalah seorang pembelajar yang baik, yang mau belajar dari kesalahan, dan mampu menggunakan kesalahan tersebut menjadi suatu keberhasilan di masa yang mendatang.

Memang membicarakan kegagalan jauh lebih susah dari menceritakan tentang keberhasilan dan pencapaian yang anda miliki tapi ada beberapa recommendations yang bisa anda gunakan untuk menjawab pertanyaan berikut saat wawancara kerja.
Anda coba cari suatu keadaan yang memang anda pernah gagal sebelumnya, tetapi anda mampu bangkit dan menjadikan kegagalan tersebut sebagai pemicu semangat bagi diri anda di masa depan yang lebih baik lagi.

Contoh Jawaban:
Saat anda semester 1-4, anda banyak lalai dalam kuliah, dikarenakan situasi perubahan saat masih sekolah ke dunia kampus, anda masih beradaptasi, lebih banyak bermain bersama teman, sehingga nilai IPK anda lumayan jelek, 4 semester yang artinya hampir setengah lama tempuh kuliah. Orang bilang sudah sangat susah untuk memperbaiki IPK dan menjadi lebih baik lagi, tapi saya tetap berusaha dan fokus, saya melewati semua prosesnya dengan baik, dan saya mampu mengejar IPK saya seperti saat ini, anda bisa lihat sendiri di transkrip nilai saya.

Suatu kali, diantara sekian banyak software yang pernah saya pimpin. Saya mendapat software promo untuk meningkatkan penjualan produk. application ini bekerja sama dengan produk perusahaan lain sebagai bundling produk, penjualan meningkat, tetapi tidak signifikan. Controller mengeluarkan laporan bahwa margin produk turun di banding dengan tidak ada software. Saya sangat terpukul, dan merasa bersalah, saya tahu banyak faktor penyebab kegagalan yang terjadi, tetapi saya tidak suka mencari kambing hitam dari kegagalan ini, satu yang saya tahu, saya telah memahami alur penyebab kegagalan, sehingga kontrol pada sektor-sektor yang pernah membuat saya gagal akan saya lakukan lebih, ditambah dengan beberapa inovasi saat application yang hampir serupa yang sukses saya pimpin, akan memberi pengetahuan yang lebih baik bagi diri saya.

6. Bagaimana Sikap Anda Jika Mendapatkan Tingkat Kesuksesan?
Memang  pertanyaan tidak begitu sering ditanyakan, tetapi untuk stage karir center up, pertanyaan ini cukup sering ditanyakan. Perusahaan tentunya ingin mendapatkan pertumbuhan yang terus naik, seiring dengan meningkatnya investasi yang digelontorkan perusahaan, begitu juga perusahaan berharap agar pertumbuhannya terus positif. Sehingg pertanyaan bagaimana anda saat menghadapi kesuksesan adalah pertanyaan yang relevan saat wawancara kerja.

Perusahaan mengharapkan pertumbuhan yang terus menerus, artinya mereka berharap ketika anda berhasil mencapai suatu pencapaian, perusahaan ingin anda tetap, menjaga konsistensinya. Anda bisa menjawab bahwa ketika anda berhasil, anda biasanya tetap melakukan evaluation mengenai kesuksesan yang terjadi, faktor dominan apa, apakah application memang berhasil, atau momentum yang sedang tepat, atau apapun saja itu. Anda harus mampu melakukan analisa, agar setiap kekurangan bisa diperbaiki lagi, anda juga bisa menjawab bahwa anda melakukan switch pengetahuan pada bawahan anda, sehingga mereka juga paham dengan strategi dan mau memberi masukan inovasi untuk melakukan pencapaian yang lebih baik dan besar lagi.

Poin yang sangat penting adalah, perusahaan berharap agar anda selalu berinovasi, melakukan benchmarking dari setiap-setiap kesuksesan yang anda capai, agar semakin baik dan semakin baik. Cobalah juga untuk memasukan peranan tim dalam pencapaian, karena hal yang sangat diharapkan perusahaan adalah anda mampu menjaga performa tim, agar tetap haus akan pencapaian. Hindari jawaban yang sangat subjektif terhadap diri anda saja, terutama jika anda berada posisi pada bidang yang sarat akan kerja sama tim.

7. Apakah Anda Termasuk Bagian dari Orang Yang Termasuk Sukses?
Pertanyaan seperti ini biasanya sering diajukan oleh user/rekturer pada saat wawancara kerja, terkadang juga pertanyaan yang diajukan, “Bagaimana anda melihat diri anda 5 tahun dari sekarang” dan banyak jenis-jenis pertanyaan lain yang sejenis. Tujuan utama pertanyaan tersebut sebenarnya adalah, agar person/rekruter bisa mengetahui lebih mendalam prestasi-prestasi anda dalam bidang yang tidak formal serta melihat bagaimana usaha anda dalam suatu pencapaian, selain itu juga untuk mengetahui visi anda dalam memaknai arti dari kesuksesan itu sendiri.

Cara yang tepat harus anda lakukan saat pertanyaan ini muncul dalam wawancara kerja adalah, anda harus percaya diri mengatakan bahwa anda adalah seorang yang sukses dan mampu sukses di masa mendatang. Pada saat menjawab, pastikan anda menatap langsung mata pewawancara dan menjawab dengan suara yang bulat, penuh keyakinan, menunjukan rasa percaya diri anda.

Beri beberapa contoh tentang kesuksesan yang pernah anda capai, kalau bisa contoh dalam dunia profesional atau kerjaan akan lebih baik. Tetapi jika anda belum memiliki pencapaian dalam dunia profesional, anda bisa menceritakan beberapa pengalaman  dan usaha yang anda lakukan untuk mencapai sesuatu, bagaimana anda tetap bertahan untuk mengahadapi dan mencari jalan keluar dari setiap masalah yang dihadapi. Anda bisa menceritakan pengalaman berorganisasi saat sekolah dulu, kuliah, atau dalam organisasi casual lainnya.

Seperti pertanyaan wawancara kerja yang diajukan, anda juga harus menjelaskan pandangan anda untuk di masa yang akan datang dan bagaimana tahapan anda untuk mencapai kesuksesan tersebut. Persiapkan list tentang usaha dan pencapaian yang pernah anda capai sebelum wawancara kerja berlangsung, baik dalam dunia profesional yang tentunya telah  dicantumkan pada CV, maupun pencapaian informal yang tidak dicantumkan. Ceritakan dengan relevan, bagaimana hal yang pernah anda capai dan usaha yang telah anda lakukan agar itu berhasil, dengan begitu anda dapat membuktikan bahwa anda dapat mencapai prestasi yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, serta sejalan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.

Contoh jawaban:
Saya melihat diri saya sebagai seorang yang sukses dan mampu sukses. Karena saya memiliki kemampuan dalam mengorganisir salesman dari tingkat yang paling bawah. Saya telah membuktikan di tempat kerja sebelumnya saya mampu meningkatkan marketplace percentage produk perusahaan saya diantara gempuran kompetitor sejenis. Say selalu haus untuk berinovasi, mampu mensupervisi bawahan agar melihat segala hambatan menjadi suatu tantangan, karena selalu ada ruang untuk improvisasi ketika kita memaksa diri kita untuk lebih kreatif lagi.

8. Apakah Anda Mampu Bekerja Secara Team apa Individu?
Pertanyaan ini termasuk sering ditanyakan saat wawancara kerja, merupakan hal yang sangat penting untuk ditanyakan. Jawaban terbaik untuk menjawanya adalah, anda harus meyakinkan bahwa anda mampu bekerja dalam kedua kondisi tersebut. Sendiri ataupun bekerja secara tim, sama-sama menyenangkannya, dan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, anda menyukai keduanya.

Sebaiknya anda juga memberikan contoh untuk kedua-duanya,anda menceritakan tentang anda bekerja saat sendiri, kemuadian saat bersama dengan kelompok/tim. Misalnya anda bisa bercerita saat sekolah anda tergabung dalam tim basket, disana anda belajar bagaimana membangun kekompakan dan rasa percaya antar tim adalah komponen yang mutlak. Anda belajar mengendalikan ego, karena tujuan utama adalah keberhasilan tim. Di sisi lain anda juga menjelaskan contoh nyata bahwa anda juga mampu bekerja dan berkembang secara individu sama baiknya seperti anda bekerja bersama tim.

9. Jika Anda Menemui Pimpinan Anda Melakukan Kesalahan, apa yang akan anda lakukan?
Pertanyaan seperti ini saat wawancara kerja adalah pertanyaan yang sedikit sulit, sama seperti pertanyaan yang menempatkan anda pada situasi yang sulit. Apalagi jika pertanyaan itu datang langsung dari calon atasan anda sendiri.

Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah, tergantung dengan situasi dan kondisi saat itu. Anda juga bisa menjawab, tergantung dengan sifat dari atasan anda kelak, jika atasan anda kelak seorang yang fleksibel, memiliki pikiran terbuka dalam memandang suatu masukan adalah baik. Berikan contoh pengalaman anda menghadapi situasi sifat atasan, anda bisa bercerita tentang atasan anda pada saat anda bekerja di tempat sebelumnya, tetapi anda harus ingat, hindari menjelekan atasan, atau perusahaan anda sebelumnya, usahakan hanya menceritakan hal yang menarik saja, jika anda menceritakan tentang sifat-sifat jelek atasan anda sebelumnya, maka akan menimbulkan kesan yang tidak baik bagi penilaian anda sendiri.

Anda bisa saja idealis dalam hal pertanyaan seperti ini, semuanya kembali pada diri masing-masing. Tapi hal yang perlu anda ingat juga, seorang atasan tentunya mencari karyawan yang mampu membantu dia, itu kenapa dia butuh merekrut karyawan. Walaupun tentunya tidak semua calon atasan berpikir seperti itu, masih yang lebih mengutamakan potensi dan kemampuan seseorang dibandingkan ketertarikan personal.

10. Lingkungan Pekerjaan Seperti Apa yang Anda Inginkan?
Anda harus berhati-hati dalam menjawab pertanyaan seperti ini saat wawancara kerja. Hal yang paling baik anda lakukan adalah menjelaskan, bahwa anda adalah orang yang fleksibel, mampu beradaptasi cepat dalam perubahaan lingkungan. Karena tentunya anda sendiri belum mengetahui mengenai lingkungan kerja tempat anda di wawancara kerja.

Biasanya pewawancara akan menanyakan bagaimana lingkungan kerja pada perusahaan anda sebelumnya. Anda bisa menjelaskan, seperti poin utama yang dijelaskan tadi, deskripsikan lingkungan kerja anda sebaik-baiknya, sebaiknya hindari kata-kata keluhan mengenai lingkungan kerja sebelumnya. Setelah itu yakinkan bahwa anda mampu fleksibel dan cepat beradaptasi dalam setiap lingkungan, karena tanggung jawab kerja dan menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya adalah hal yang utama bagi anda.

Himbauan :
Jika artikel ini memang berguna untuk temen-temen, MOHON artikel ini di sharing kepada yang lain AGAR temen-temen kita juga mendapatkan manfaatnya. Terimakasih. :-)

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini