Home » , » Tips Cara Bertahan Bekerja di Lingkungan Yang Tidak Nyaman

Tips Cara Bertahan Bekerja di Lingkungan Yang Tidak Nyaman

Tips Cara Bertahan Bekerja di Lingkungan Yang Tidak Nyaman, Dalam bekerja di perusahaan maupun di perkantoran terkadang kita mendapatkan suasana yang menyenangkan dan juga tidak menyenangkan. Ada tempat kerja yang membuat karyawan atau pegawainya nyaman dan tidak sedikit pula ada yang membuat para karyawan dan pegawainya tidak nyaman. Penyebab ketidak nyamanan bisa apa saja, bisa terjadi akibat dari teman kerja anda sendiri, akibat atasan anda maupun akibat dari pekerjaan tersebut yang menjadikan anda menjadi tidak betah dan tidak nyaman di tempat kerja. Terkadang ketika kita menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan cita-cita kita cukup sulit akan tetapi kita harus tetap berusaha mendapatkan pekerjaan demi mempertahankan hidup dan mencukupi kebutuhan hidup.

Dengan keadaan diatas maka kita harus lebih bijaksana dalam mensikapi keadaan yang ada di kantor atau di tempat kerja kita, jangan tergesa – gesa dalam mengambil sikap untuk melakukan Resign (Keluar kerja) sebelum kita mendapatkan pekerjaan yang benar – benar diharapkan oleh kita, untuk itu dalam menghadapi suasana kerja yang sudah tidak nyaman, maka sikap anda sebisa mungkin untuk bisa bertahan pada pekerjaan dan lingkungan kerja tersebut. Yang menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara kita mempertahankan semangat kerja untuk dapat kerja secara maksimal walaupun keadaan baik pekerjaan maupun lingkungan pekerjaan yang sudah tidak memberikan kenyamanan maupun sudah tidak kondusif. Berikut ini saya Moch. Irwan Hermanto akan memberikan tips bagaimana cara mempertahankan etos kerja dilingkungan kerja yang sudah tidak nyaman dan kondusif. Berikut beberapa hal yang bisa anda terapkan dan motivasi dalam diri anda, diantaranya sebagai berikut :
Cara Bertahan Bekerja di Lingkungan Yang Tidak Nyaman
      1.       Tidak Mudah Menyerah Dengan Keadaan
Suasana kerja yang sudah tidak nyaman memang menjadi dilema untuk setiap orang yang mengalaminya antara tetap bertahan dengan pekerjaan tersebut atau memutuskan untuk keluar kerja dan mengundurkan diri, pada posisi ini hal yang perlu kita pertimbangkan adalah tetap bertahan untuk tidak mudah menyerah dan selalu berusaha dan bekerja keras secara maksimal dan ingat tujuan utama dari kita bekerja itu apa. Tetap berusaha bertahan dengan pekerjaan itu dengan memiliki pikiran positif dari setiap keadaan yang dialami sampai kita mendapatkan pekerjaan yang lain yang lebih layak dan lingkungan kerja yang lebih nyaman. Ingat ketika kita memutuskan pengunduran diri dari pekerjaan yang sudah anda dapatkan akan tetapi anda belum memiliki pekerjaan pengganti apalagi tujuan kedepan anda setelah keluar bekerja, karena hal tersebut akan memperburuk keadaan ekonomi dan finansial anda.

      2.       Selalu Berpikiran Positif dalam Setiap Pekerjaan
Berikut ini tindakan yang harus anda lakukan ketika bekerja di tempat yang sudah tidak kondusif dan nyaman agar anda bisa bertahan dilingkungan pekerjaan tersebut yaitu membiasakan dengan selalu berpikiran positif dan segala hal begitu pula dalam melakukan pekerjaan anda. Usahakan anda tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif yang dapat mempengaruhi anda baik yang berasal dari diri anda sendiri maupun dari lingkungan tempat kerja anda, selalu motivasi diri anda agar selalu memiliki pikiran positif sehingga energy anda akan terjaga dengan baik dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada kinerja dan hasil kerja anda intinya adalah anda harus mampu melakukan pengendalian diri dan penguasaan diri anda sendiri.

      3.       Lakukan Beberapa Hal Yang Dapat Meningkatkan Semangat Kerja Kita
Hal yang logis dan nyata ketika anda bekerja di lingkungan yang sudah tidak nyaman dan kondusif yaitu semangat kerja anda akan menurun sehingga kinerja dan hasil kerja anda semakin buruk dan itu menjadi penilaian buruk untuk seorang pimpinan. Hal yang harus anda lakukan adalah sesegera mungkin anda melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan semangat kerja anda yang lebih baik lagi. Misalnya jika anda suka minum kopi ataupun juz dengan hanya minum di luar kantor atau pada saat istirahat kerja membuat semangat kerja anda kembali pulih, maka segera kerjakan.

Atau hal lain yang bisa anda lakukan seperti halnya dengan berolah raga jika hal itu sangat membantu memotivasi semangat kerja anda kembali, atau anda juga bisa lakukan hal lain yang sebetulnya anda sendiri lebih memahami diri anda bagaimana memotivasi diri, lakukanlah.

      4.       Selalu berusaha Meningkatkan Kualitas Diri dengan Terus Belajar apa saja
Dalam situasi apapun maka hal yang salah satunya bisa menghilangkan kejenuhan dalam bekerja apalagi dengan suasana kerja yang memang sudah tidak kondusif, maka anda bisa lakukan dengan meningkatkan kualitas diri anda dengan cara terus menggali ilmu anda (belajar), lakukan explorasi diri anda baik dalam meningkatkan skill maupun kemampuan anda dalam pekerjaan anda. Banyaknya hal dan masalah yang timbul dalam pekerjaan maupun dunia kerja merupakan suatu hal yang lumrah dan biasa yang anda bisa jadikan hal itu sebagai media pembelajaran anda.

Berusahalah dengan menenangkan diri anda diantaranya jika banyaknya permasalahan dalam pekerjaan maupun suasana kerja anda maka jadikan hal itu sebagai ujian semata, yang jika anda bisa berhasil lolos dalam melewati ujian tersebut, maka anda akan mendapatkan peningkatan baik kualitas diri maupun professional kerja anda. Dengan jalan banyak belajar maka anda akan mendaptkan banyak ilmu dan manfaat yang bisa anda dapatkan dan anda bisa terapkan dikehiduapn ataupun dunia kerja lainnya.

      5.       Tenangkan Pikiran Kita
Suasana kerja yang sudah tidak kondusif akan membuat setiap orang yang mengalaminya akan mudah stres dan ingin bergegas segera mengundurkan diri (resign), maka untuk menanggulangi hal tersebut ada baiknya anda berusaha menenangkan terlebih dahulu pikiran anda, jangan mudah terpancing dengan situasi kerja yang negative, karena dengan pikiran yang tenang dan jernih maka permasalahan akan mudah sekali diatasi serta dapat menghasilkan keputusan yang bijak untuk keberlangsungan karir atau hidup anda sendiri, dan sebaliknya jika pikiran anda kacau dan tidak tenang serta ditambah dengan emosi tinggi maka hasilnya akan negative dan tidak maksimal, yang akhirnya akan memperburuk situasi anda sendiri.

      6.       Lakukan Banyak Hiburan
Para ahli sudah meneliti bahwa hamper 80% kegiatan yang dapat mengenbalikan kepercayaan diri serta memotivasi hidup anda keluar dari segala kepengatan dan permasalahan yang dihadapi seseorang dapat dilakukan dengan cara memperbanyak bersenang-senang atau berekreasi, lakukanlah jika anda mengalami hal dan permasalahan di tempat kerja anda. Dengan bersenang-senang anda akan sejenak melupakan permasalahan yang dihapai dan hal tersebut membantu anda dalam merefresh pikiran anda dan itu baik untuk psikologi anda, sehingga anda dapat mengambil tindakan dan keputusan yang bijak dan lebih baik, bersenang-senang dapat anda lakukan dengan berbagai cara lakukan yang menurut anda itu menyenangkan.
Demikian sekilas pembahasan mengenai “Tips Cara Bertahan Bekerja di Lingkungan Yang Tidak Nyaman”, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat dan dapat memberikan solusi atas keputusan yang bijaksana untuk anda dalam menghadapi situasi yang sulit yang anda hadapi di tempat kerja anda.

Saya Moch. Irwan Hermanto, senantiasa memberikan motivasi untuk kita semua untuk sama-sama meraih puncak kesuksesan.

Semoga semua informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda semuanya, dan untuk mendapatkan informasi terbaru seputar tips kerja dan lowongan kerja silahkan anda bergabung menjadi bagian dari kami dengan cara berlangganan.

Thanks for reading & sharing Tips Kerja Sukses | Boxcareer

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. Semoga tips ini bisa saya gunakan selepas saya lulus kuliah dan mudah-mudahan mendapat pekerjaan yang layak deh amin hehe

    salam kenal
    http://original-worlds.blogspot.com/

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan anda disini dan share informasi kami untuk yang lain.

Terima Kasih

Admin

Masukan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Temukan Disini